Pages

Sunday, December 12, 2010

Home » » Mengukur Popularitas Akun Twitter

Mengukur Popularitas Akun Twitter

Twitter, sebagai media social networking memang tidak sebesar Facebook dalam hal jumlah penggunanya. Namun demikian, Twitter telah menjadi media yang sangat efektif untuk secara online dan live menyebarkan informasi melalui tweets atau pesan singkat maksimal 40 karakter.

Sejak didirikan tahun 2006, Twitter telah berkembang sedemikian pesatnya.  Pada tahun 2007 tercatat 5000 tweets dikirim setiap hari, dan meningkat menjadi 300.000 pesan setiap hari pada tahun 2008. Di tahun 2009 jumlah tweets meningkat sangat drastis menjadi 35 juta per hari dan menjadi 50 juta perhari di tahun 2010. Jumlah pengguna Twitter saat ini mencapai 190 juta orang.

Sepert halnya Facebook, kepopuleran akun Twitter seseorang bisa dilihat salah satunya dari jumlah follower dan jumlah tweets. Secara terperinci, terdapat 4 kategori yang menjadi ukuran tingkat ketenaran suatu akun Twitter:
1) Influence--Nilai ini akan tergantung pada banyaknya orang yang kita follow
2) Popularity-- Nilai ini ditentukan oleh banyaknya follower akun kita
3) Engagement-- Nilai ini ditentukan oleh instensitas kita dalam berinteraksi dengan komunitas Twitter. Ini     berarti, kita harus lebih banyak berdiskusi, memberi komentar atau menganggapi setiap tweets dari follower kita., bukan sekedar posting tweets satu arah.
4) Trust-- Nilai trust akan ditentukan oleh kualitas tweets kita. Semakin berkualitas tweets kita akan mendorong follower kita untuk memberi perhatian penuh dan me-retweets apa yang telah kita tuliskan.

Ada tool gratis yang bisa mengukur level keempat kategori itu, yaitu Tweetlevel.com.

0 comments:

Post a Comment