Pages

Wednesday, October 27, 2010

Home » , » Tips Dalam Membeli Mobil Bekas

Tips Dalam Membeli Mobil Bekas

Mencari atau membeli mobil bekas memang lebih sulit dibandingkan dengan membeli mobil baru. Kalau kita sudah mempunyai pilihan terhadap merk atau model tertentu, belum tentu mobil tersebut tersedia saat kita membutuhkan. Kalau pun ada yang sedang menjual type yang kita cari, kita masih harus memeriksa kondisi mobilnya, apakah masih layak untuk dipakai atau tidak, apakah harganya sebanding dengan kondisinya atau tidak, apakah kepemilikannya legal atau tidak dan sebagainya. Semua pertimbangan akan menentukan apakah kita bisa mendapatkan mobil yang terbaik dan ideal untuk keluarga.

Untuk itu, pada intinya kita harus bisa mencari informasi dan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya agar kita tidak membeli barang yang salah dan kecewa di kemudian hari. Informasi ini bisa kita peroleh baik dari orang-orang yang lebih paham mengenai mobil, dealer, tabloid maupun di media internet.

Sebagai panduan secara umum ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum kita memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Perhitungkan kemampuan budget Anda.
Saya menempatkan kemampuan budget menjadi yang pertama karena hal ini akan menentukan setiap langkah yang akan anda ambil dalam membeli mobil. Sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anda. Tidak ada gunanya anda bisa menemukan mobil bekas yang masih bagus dan sesuai keinginan ternyata harganya diluar kemampuan budget Anda. Jangan pernah “memaksa” kantung anda. Ingat, membeli dan memiliki mobil bukan investasi, tetapi konsumsi  kecuali anda gunakan untuk kegiatan produktif seperti disewakan misalnya.  Terlebih lagi kalau anda membelinya dengan cara kredit. Untuk panduan umum, pastikan nilai cicilan anda tidak melebihi 30% dari pendapatan Anda.

Cari Informasi yang lengkap
Cari informasi yang cukup mengenai harga mobil bekas di pasaran. Untuk daerah yang satu dengan daerah yang lain bisa berbeda.  Pertimbangkan pula resale value, performa, layanan perbaikan dan harga/ketersediaan komponennya. Dari sana anda bisa menentukan mobil mana yang benar-benar sesuai. Anda bisa meminta bantuan teman atau orang  lain yang leboh paham mengenai mobil, termasuk cara pengecekan mesin dan harga mobil.
                                            
Tentukan fitur-fitur yang harus ada
Tulis semua dalam list. termasuk pula fitur-fitur safety seperti rem ABS, airbag, child door lock, AC, aneka macam power, CD charger dan lain-lain. Pertimbangkan mana yang perlu dan tidak perlu, karena semakin lengkap fitur mobil tersebut normalnya makin mahal harganya
Ketahui riwayat mobil
Usahakan mengetahui riwayat mobil yang anda pilih. Hal ini bisa diketahui dari kartu perawatan mobil. Termasuk didalamnya adalah apakah mobil secara rutin dibawa ke bengkel, ganti oli, apakah mobil pernah bertabrakan dan lain-lain. Mobil yang pernah mengalami tabrakan akan  memiliki banyak masalah di kemudian hari.

Waspada mobil yang terkena banjir
Jangan membeli mobil yang bekas terkena banjir. Air dapat menyebakan mobil tersebut berkarat, kerusakan perangkat elektronik, kerusakan pada transmisi, dan sebagainya.

Buka tutup pintu      
Pastiakn seluruh pintu dengan mudah dibuka dan ditutup kembali, Coba tempatkan salah satu roda diatas pijakan yang lebih tinggi sehingga posisi mobil miring. Buka tutup pintu harus tetap mudah dilakukan.

Cek ruang mesin
Buka tutup mesin dan perhatikan apakah ada pipa yang bocor, belt yang aus, oli yang berceceran, selang-selang yang sudah retak, apakah kap mesin masih mudah dibuka tutup dan celah bodinya masih seragam. Dari dalam ruang mesin bias any juga bisa terlihat kalau mobil bekas terkena banjir. Hidupkan mesin dan buka gas sampai penuh dalam kondisi idle, pastikan tidak “mbrebet”. Lebih baik lagi kalau kita bisa datang pag-pagi untuk menyalakan mobil dari kondisi dingin.

Periksa kolong mobil
Periksa apakah sudah ada karat-karat di kaki-kaki,  ada lubang di lantai mobil, dan tanda bekas genangan air.

Periksa knalpot.
Pastikan tidak ada cairan oli keluar atau menetes dari knalpot. Pastikan pula knalpot tidak dipenuhi kerak-kerak hitam sisa pembakaran.
                                             
Periksa keaslian penunjukan odometer
Hati-hati dengan pemalsuan odometer. Hal ini sering dilakukan penjual nakal yang ingin meningkatkan value mobil yang dijualnya. Jadi jangan tertipu dengan angka-angka yang tertera di odometer. Odometer yang manual biasanya lebih mudah “dimainkan”. Tanda odometer yang sudah "dimainkan" biasanya telihat dari rata tidaknya susunan digit-digitnya. Sedangkan odometer digital relatif lebih susah dimanipulasi, meskipun masih sangat mungkin dilakukan.

Test Drive
Test drive itu penting. Usahakan Anda mendapat kesempatan melakukan test drive sejauh mungkin dengan aneka variasi jalan. Bisa juga mencoba ke daerah dimana mobil itu akan sering digunakan. Duduklah di kursi pengemudi, dan periksa apakah seluruh indikator bekerja baik, demikian pula lampu indikator. Periksa sistem safety, mulai dari seat belt, head restrain, struktur atap, child seat anchor. Demikian pula jarak pandang dan daya pancar lampu utama. Hal itu bisa dilakukan saat test drive. Cobalah untuk mengendarai mobil pada kecepatan 60 – 80 km/jam dan rasakan apakah pergantian gigi bisa lembut, kemudi selalu lurus, ketika direm tetap stabil, dan ketika menikung juga terasa halus.


Jika semua hal ini telah dilakukan, Anda berkesempatan untuk mendapatkan mobil bekas yang "terbaik"

0 comments:

Post a Comment